• (024) 6723456
  • sistemkomputer@stekom.ac.id

Google merilis fitur baru untuk aplikasi video conference Google Meet. Fitur tersebut memungkinkan pengirim undangan rapat untuk melihat siapa saja anggota yang sudah diundang tetapi tidak hadir atau terlambat masuk ruang rapat online.

Fitur ini akan muncul di bawah nama tamu undangan yang belum hadir dengan tulisan “Also Invited”. Artinya, nama partisipan tersebut sudah diundang ke rapat, tetapi belum hadir.

Hal ini tentunya akan mempermudah pengirim undangan untuk mengetahui siapa saja tamu undangan telat ikut rapat online.

Menurut Google, fitur ini akan digelontorkan secara bertahap setidaknya hingga dua minggu ke depan.

Selain itu, Google juga akan menampilkan siapa saja peserta undangan rapat yang sudah memiliki status RSVP. Kehadiran fitur ini mempermudah pengirim undangan untuk mengetahui siapa saja peserta rapat yang kehadirannya dianggap “opsional”.

Peserta rapat yang berstatus RSVP adalah peserta yang diberi undangan melalui Google Calender. Lalu, undangan tersebut akan memberi opsi peserta yang diundang untuk memilih apakah dapat menghadiri pertemuan atau tidak.

Jika dibandingkan dengan sebelumnya, status tamu RSVP hanya dapat diakses melalui Google Calender. Pengirim undangan harus mengecek siapa saja peserta yang dapat/tidak menghadiri acara tersebut.

Selain itu, untuk mempermudah pengecekan kehadiran peserta rapat, Google Meets  juga terintegrasi dengan "Chat". Sehingga, pengundang rapat bisa menghubungi peserta yang diundang apabila mereka belum hadir.

Fitur ini dirilis Google untuk menghemat waktu rapat acara agar semua hal bisa dilakukan dalam satu tab saja. Pengirim undangan tidak perlu repot-repot mencari cara lain untuk mencari kontak tamu undangan dengan membuka tab baru.

Baca juga: Apple dan Google Diminta Hapus TikTok dari Toko Aplikasi

“Kami berharap fitur ini memudahkan Anda untuk memulai rapat secara efisien dengan menentukan dengan cepat siapa yang belum bergabung, serta mengirimkan notifikasi kepada mereka melalui fitur Chat langsung dari Google Meet,” jelas Google, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Tech Radar, Senin (4/7/2022).

Ke depannya, fitur ini akan hadir di Google Workspace sebagai fitur bawaan.

Sumber : https://www.msn.com/id-id/berita/teknologidansains/fitur-baru-google-meet-bisa-pantau-peserta-meeting-yang-datang-terlambat/ar-AAZ9BZp?ocid=wispr&cvid=448ac4520e0e46cdb6766b320414598b

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved